Monday, June 11, 2018

Apa itu QoS?

Assalamu'alaikum Wr.Wb

A.Pendahuluan

Pada Kesempatan kali ini saya akan sharing sedikit tentang,Apa itu QoS

Hasil gambar untuk QoS

B.Pengertian

Qos merupakan singkatan kata dari “Quality of Service”. Secara terminologi, QoS memiliki arti sebagai kualitas layanan. Dalam definisi khusus, Pengertian QoSadalah sebuah kemampuan dari jaringan dalam menyediakan layanan yang baik dengan tingkat jaminan layanan yang berbeda-beda.

C.Maksud dan Tujuan
Agar tau tentang QoS

D.Latar Belakang

Karena QoS sangat berguna untuk memanagemen sebuah jaringan

E.Waktu Pelaksanaan

Kurang Lebih 30 Menit

F.Pembahasan:

1.Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Permasalahan Jaringan

Permasalahan jaringan menjadi fokus inti yang ingin diselesaikan QoS. Karenanya, untuk lebih mengenal QoS, kita perlu terlebih dahulu mengetahui apa-apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya permasalahan jaringan. Permasalahan jaringan adalah sebuah gangguan pada jaringan yang menyebabkan suatu layanan dari suatu jaringan mengalami penurunan kualitas. Yang menjadi faktor penyebab dalam timbulnya permasalahan jaringan dikategorikan kedalam 2 jenis. 2 jenis tersebut adalah permasalahan yang timbul karena faktor manusia dan permasalahan yang timbul karena adanya faktor teknis. Permasalahan yang timbul karena manusia artinya suatu layanan jaringan mengalami penurunan kualitas karena adanya kesalahan manusia baik sengaja maupun tidak sengaja. Contohnya adalah waktu tenggang, ada tidaknya service, informasi pengguna, dan lain sebagainya. Sedangkan permasalahan teknis merupakan permasalahan yang disebabkan oleh adanya kesalahan sistem, gangguan jaringan, atau sebab-sebab lain yang bukan berasal dari manusia namun murni merupakan masalah teknis. Contoh dari permsalahan teknis adalah kurangnya bandwith dalam menampung pengguna, terjadi jitter dan delay dalam layanan.


2.Parameter-Parameter QoS

QoS merupakan suatu solusi yang didesain untuk membantu pengguna sebagai end user dalam memperoleh layanan yang baik tanpa adanya masalah gangguan jaringan. Tujuan dari Qos Sendiri adalah agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna namun dengan menggunakan infrastruktur yang tetap sama. Untuk mencapai tujuan ini terdapat suatu parameter qos dari sebuah jaringan untuk mengumpulkan informasi kualitas layanan. Parameter-parameter tersebut adalah bandwith, delay, jitter, packet loss, dan troughput. Bandwith adalah batasan takaran data yang dapat dikirim melalui suatu jaringan pada durasi waktu tertentu. Sedangkan delay adalah suatu penundaan data saat melakukan transmisi data dari titik ke titik. Packet loss merupakan suatu kegagalan penyampaian data pada Ip. Dan jitter adalah variasi dari delay pada paket jaringan. Sedangkan troughput karena beban trafic yang terjadi akibat arus data dengan jadwal serta prioritas penggunaan yang sama.


3.Cara Kerja QoS

Cara kerja QoS sebenarnya cukup sederhana untuk dipahami. Pada suatu aliran trafik data, QoS akan menentukan aliran data berdasarkan tingkat prioritas kepentingan. Suatu trafik data yang dianggap tidak menjadi prioritas akan diturunkan, bahkan bisa juga dibuang dari jalur trafik data. Sedangkan untuk trafik data prioritas pertama akan diberikan jalur luas agar data cepat sampai pada tujuan. Dalam jalur data, ketika masih terdapat ruang untuk terjadinya trafik data, maka QoS akan mengurutkan setelah prioritas pertama, data mana yang perlu didahulukan. Ini terus terjadi sampai jalur data tidak dapat lagi dimasuki trafik data. Sehingga, trafik data dapat berjalan lancar dan stabil dengan adanya tingkat prioritas tertentu.

G.Kesimpulan
Dengan QoS kita bisa memanagemen sebuah jaringan dengan baik

H.Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf

Wasalamu'alaikum Wr.Wb
Share:

0 $type={blogger}:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pengunjung

Main Tags

Terjemahan